Wednesday, February 6, 2013

Setting HandyCache Menjadi Proxy Transparent Dengan Proxifier


Setelah beberapa hari saya membandingkan ternyata hit cache antara squid for windows dan HandyCache ternyata lebih baik HandyCache pada keseluruhan. Pada tutorial singkat kali ini akan saya jelaskan bagaimana caranya melakukan setting HandyCache menjadi proxy transparent. HandyCache versi gratis memang memiliki batasan 5 client yang akan dilayani. Sebenarnya kalau kita punya kemampuan finansial kita bisa membeli langsung lisensi untuk komersial dengan biaya yang saya rasa sesuai dengan harganya, cukup dengan 800.000 IDR kita sudah bisa memiliki HandyCache versi komersial yang tanpa batas. Untuk membeli lisensi HandyCache silahkan kunjungi websitehandycache.com.
Untuk yang tidak mampu membeli kita bisa mengakali limitasi/batasan handycache versi gratis ini. Yaitu dengan membangun sebuah tempat penyimpanan cache yang dishare pada jaringan lokal, sedangkan untuk setiap 5 client kita buatkan sebuah server handycache untuk melayani 5 client berikutnya. Untuk Operating Systemnya sendiri tidak bisa saya rekomendasikan mana yang bagus tetapi gunakanlah system operasi yang tidak memberikan batasan untuk sharing data. Misalnya windows XP home memiliki batas maksimal (kalau tidak salah) 4 sampai dengan 5 sedangkan windows XP professional tidak memiliki batas (unlimited).
Sedangkan untuk performa yang memberikan hasil baik usahakan minimal menggunakan RAM 1GB, processor tidak terlalu penting karena saya coba pada cpu 356Mhz dan 3.2Ghz hasilnya sama, yang terpenting sebenarnya adalah kemampuan baca tulis dari sebuah HDD. Jika kalian akan menyiapkan sebuah HDD untuk menyimpan cache usahakan membeli HDD yang memiliki kemampuan baca tulis yang tinggi, biasanya dituliskan pada spesifikasi HDD tersebut misalnya 7.500 rpm atau 10.000 rpm, (rpm= rotation per minutes) semakin tinggi nilai rpm pada sebuah hdd berarti kemampuan baca tulis hdd itu semakin bagus dan direkomendasikan sebagai tempat penyimpanan cache.
Langsung saja dari pada makin gak jelas kita mulai. Langkah pertama adalah mendownload HandyCache kemudian melakukan konfigurasi. Pada server yang akan dijadikan tempat penyimpanan cache buatlah sebuah shared folder dengan akses penuh pengguna dalam jaringan kemudian simpan konfigurasi cache HandyCache pada shared folder tersebut.
Langkah kedua mendownload proxifier kemudian setting autostart, kemudian pada proxification rules sebaiknya kita tambahkan iexplore.exe karena handycache tidak bekerja dengan baik pada browser internet explorer, kemudian pada ‘options -> advanced -> http traffic‘ kita centang pilihan redirect http(s) traffic to the following http proxy server, kemudian kita masukkan alamat ip dan port komputer yang kita install handycache. Sebenarnya tanpa proxyfier bisa saja tetapi ada beberapa kekurangan seperti misalnya alamat IP proxy yang gampang diketahui dan ada beberapa program yang tidak memiliki setinggan proxy.
Langkah ketiga adalah menyebunyikan proxifier agar orang-orang yang merasa
hacker ini gak aneh-aneh. Ada 2 cara yaitu:
1. Dengan menggunakan customization autohide.
2. Dengan menggunakan tools tambahan (berbayar) yaitu HideWizard (sangat di rekomendasikan).
source: http://id.istanto.net/2012/02/15/setting-handycache-menjadi-proxy-transparent-dengan-proxifier/

No comments:

Post a Comment